Your Ad Here

Sunday, March 9, 2008

History of Philately ( Sejarah Perangko )

Filateli awalnya merupakan perwujudan "dengan kecintaan atas barang-barang bebas pajak?"

Pengiriman surat awalnya adalah bebas biaya. Biaya pengiriman ditanggung oleh sipenerima surat. Jika sipenerima surat menolak antaran surat tersebut, maka kerugian akan ditanggung oleh kantor pos. Pada tahun 1837, seorang kepala sekolah Inggris bernama Rowland Hill menyarankan sistem pra-bayar dalam suatu selebaran yang berjudul: "Reformasi Kantor Pos". Perangko yang pertama dijual pada tanggal 1 Mei 1840, harganya 1 penny untuk perangko hitam dan 2 pence untuk perangko biru, bergambar Ratu Victoria. Kata filateli sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1864. Kata filateli itu sendiri berasal dari 2 kata Yunani yang berarti "dengan kecintaan atas barang-barang bebas pajak".


Perangko yang dikeluarkan pertama kali didunia 'One-Penny-black' , dikeluarkan pada tahun 1840 di Britania Raya - Inggris.


Perangko pertama yang dikeluarkan negara Perancis the '20 centimes Cérès', yg terisnpirasi oleh 'One-Penny-black' dan dikeluarkan pertama kalinya pada tahun 1849.

Perangko pertama yang dikeluarkan negara Jerman the 'Bayern-Einser black' dan dikeluarkan pertama kalinya pada tahun 1849 di Bavaria.


Satu lagi dari salah satu perangko terkenal di dunia yang dibuat sebagai "perangko undangan pesta sang ratu", dan dikeluarkan pertama kalinya pada tahun 1847 di koloni Inggris - Mauritius.


No comments:

Your Ad Here

Listen it !

Free Website Directory Links