Your Ad Here

Sunday, March 9, 2008

Novel

Novel mempunyai reputasi sebagai hiburan ringan, kadang terkesan membosankan dan asal-asalan. Kesalahan akibat reputasi ini dibebankan pada kata 'novel' itu sendiri. Kata 'novel' berasal dari bahasa Latin 'novus', yang artinya 'baru'. Kemudian diserap menjadi bagian bahasa Inggris untuk menamakan sebuah cerita pendek (dari bahasa Itali), novella. Novella adalah sebuah prosa pendek yang biasanya berupa cerita baru, orisinil, dan sangat kontras dengan versi tradisionalnya.

Cerita di dalam novella memang dimaksudkan untuk menjadi sebuah kesenangan baru bagi para pembacanya. Biasanya sipembaca akan merespon, dan saat ini ada beberapa jenis novel: roman, agen rahasia, western, misteri, detektif, fiksi gotik, fiksi sains, novel sejarah, novel tentang tempat, novel psikologi, novel epistolari (dimana cerita biasanya dikisahkan melalui pertukaran surat), roman à clef (membutuhkan sebuah 'kunci', atau informasi tambahan), novel pujaan, novel proletar, dan novel anti-modernisme.

Novel pertama
Cervantes , Gabriel García Márquez, Rudyard Kipling, Ian Fleming, Alexander Solzhenitsyn, James Mitchener. Semuanya adalah penulis novel terkenal. Dan semuanya adalah pria. Tapi tahukah anda novel yang terkenal di dunia dan yang terbaik yang pernah ada pertamakalinya ternyata ditulis oleh seorang wanita bernama Murasaki Shikibu berkebangsaan Jepang pada tahun 1007.

Literatur :
  • Definition of the Novel which distinguishes the novel from other kinds of prose fiction,
  • Origins of the Novel which explains the beginnings of the novel as a prose form and describes major novelists of the 18th century,
  • 19th Century Novel which describes the development of the novel in the Romantic and Victorian periods,
  • 20th Century Novel which describes the modern (pre-World War II) and contemporary (post-World War II) novel,
  • Postmodern Novel which describes late 20th and early 21st century trends in the novel.

No comments:

Your Ad Here

Listen it !

Free Website Directory Links