Your Ad Here

Sunday, March 9, 2008

Keliling dunia dengan berlayar

Pelayaran berkeliling yang ke dua perjalanan ke dua mengelilingi bumi dilakukan oleh seorang Inggris mantan bajak laut yang menjadi penjelajah Francis Drake (1540-1596). Saat melihat Kerajaan Spanyol menjadi lebih luas, Ratu Elisabeth ke 1 secara diam-diam mengutus Drake ke barat, dengan maksud terselubung untuk mengusik orang Spanyol. Pada tanggal 13 Desember 1577, Drake berlayar dari Plymouth, Inggris dengan dengan membawa 6 buah kapal.
Pada bulan September 1578, lima buah kapal pulang kembali saat mencapai Selat Magellan, sedangkan Drake terus berlayar menggunakan Kapal Golden Hind. Di bulan Juni 1579, dia mencapai yang sekarang disebut California dan berlayar terus ke arah utara ke perbatasan yang sekarang dikenal sebagai perbatasan Amerika Serikat-Kanada. Kemudian dia berbelok ke arah barat daya dan melintasi Samudera Pasifik dalam 2 bulan. Dia melintasi India, Laut India, dan Tanjung Harapan. Bersama dengan Golden Hind yang dimuati dengan emas dan rempah-rempah, dia berlayar kembali dan mencapai Plymouth pada 26 September 1580, kapten pertama yang berlayar mengelilingi bumi.
Kapten Cook Pengeliling dunia lainnya yang terkenal adalah James Cook. Dia berlayar dari Inggris pada tanggal 25 Agustus 1768 dengan menggunakan Kapal Endeavor bersama dengan 94 awak dan peneliti. Pada tanggal 11 April 1769, mereka mencapai Tahiti. Atas perintah dari pemerintah Inggris, mereka berlayar ke selatan, mencapai Selandia Baru pada tanggal 6 Oktober. Pada bulan April 1770, Cook menjelajahi dan mendokumentasikan Australia. Kemudian endeavor meneruskan perjalanannya melalui ke Jawa, lalu melintasi Tanjung harpan. Pada tanggal 30 Juli 1771, Cook berlayar memasuki dover. Karena perjalanan selama 3 tahun yang bersejarah itu, dia diangkat menjadi Panglima Angkatan Laut oleh Raja George ke III.

Pelayaran berkeliling yang pertama tunggal Joshua Slocum ,lahir di Nova Scotia pada tahun 1844, menjadi warga negara Amerika dan seorang Kapten pada usai 25 tahun. Pada tanggal 24 April 1895, saat berusia 51 tahun, Slocum berlayar meninggalkan Boston dengan menggunakan sekoci miliknya, Spray dengan panjang 11 m (37 kaki), sebuah kapal tua untuk mencari kerang yang dia buat sendiri.
Slocum melintasi Atlantik menuju Terusan Suez. Di Gibraltar, dia diberitahu mengenai bajak laut di Mediterania. Jadi dia berlayar kembali melintasi Atlantik dan menuju ke pantai Brasil, melalui selat neraka Selat Magellan. Dia menghadapi arus yang mematikan, pantai berkarang dan laut yang ganas saat dia berlayar mengitari Australi, Tanjung Harapan dan saat melintasi Atlantik.
Pada tanggal 27 Juni 1898, lebih dari 3 tahun dan 74.000km (46,000 mil) kemudian, Joshua Slocum memasuki Newport, Rhode Island, sebagai orang pertama tunggal yang mengelilingi bumi. Dia menceritakan perjalanannya yang luar biasa dalam bukunya "Sailing Around the World".

Pengelilingan pertama dengan satu kali berhenti Kehormatan sebagai pengeliling dunia pertama tunggal diberikan kepada Francis Chichester (1902-1972). Di tahun 1966, Chicester yang berusia 64 tahun berlayar menggunakan Gipsy Moth IV dengan panjang 16 m (53 kaki) dari Inggris. Sistem kemudinya rusak saat berada 3700 km (2,300 mil) dari Australia. Segera setelah meninggalkan Sydney, Gipsy terbalik tapi berhasil memperbaiki keadaannya. Di sekitar Tanjung Tanduk, Chichester menghadapi gelombang setinggi 15 m (50 kaki). Tetapi dia bukan tipe orang yang cepat menyerah. Di tahun 1960 dia adalah pemenang perlombaan melintasi atlantik dengan hanya menggunakan satu tangan. Dia juga adalah orang pertama yang melakukan penerbangan tunggal jarak jauh dengan menggunakan pesawat terbang air (dari Inggris ke Australia). Pada tanggal 28 Mei 1967, setelah 226 hari di laut, dia disambut oleh setengah juta orang di Plymouth , Inggris.

Pengelilingan Tunggal Saat ini, pelayaran berkeliling dunia dengan satu tangan tanpa berhenti masih merupakan khayalan semata. Chay Blyth, dengan julukan "manusia besi" menjadi salah satu diantaranya saat dia berlayar melawan angin dari arah timur ke barat dengan menggunakan British Steel di tahun 1971, dan menyelesaikan perjalanannya dalam 302 hari. Dua tahun kemudian seorang Perancis Alain Colas dengan menggunakan berlambung tiga Manureva berlayar mengelilingi 3 tanjung utama, dan hanya menghabiskan 129 hari untuk menyelesaikan perjalanannya.

No comments:

Your Ad Here

Listen it !

Free Website Directory Links